logo

Home /Article /Manfaat Rutin Tidur Awal

Manfaat Rutin Tidur Awal

09 Mar 2023

Arman Dhani

image detail

Hai Medfriend tahukah kamu istirahat dan tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, selain makan dan bernapas. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya berbeda-beda. Namun, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7–9 jam setiap harinya.

Tetapi pekerjaan harian kadang membuat kita begadang dan tak bisa tidur cepat. Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan otak untuk memproses dan menyimpan ingatan atau hal-hal yang dipelajari dan dialami sepanjang hari. Kamu juga menjadi sulit mencerna dan memproses informasi selama beberapa hari kedepan. Dampak dari kurang tidur yang lain adalah bisa menyebabkan berat badan menjadi naik.

Tapi apa sih manfaat tidur cepat bagi kita

  1. Tidur Sehat, Jantung Sehat

Istirahat malam yang nyenyak penting untuk menjaga kesehatan jantung. Tidur menurunkan tekanan darah, istirahat lebih awal dapat menurunkan risiko terkena kondisi medis terkait jantung yang serius. Kualitas tidur yang lebih baik dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung di kemudian hari. Jaga kesehatan jantung dengan memperbanyak istirahat!

  1. Peningkatan Tingkat Energi

Pernahkah memperhatikan tubuh mudah lelah, tidak bersemangat, dan kehilangan semangat setelah tidur yang buruk? Ada alasan untuk itu. Banyak aktivitas pemulihan penting terjadi pada tubuh saat tidur. Otot, organ, dan jaringan diperbaiki selama tidur, yang membantu meningkatkan perasaan keesokan paginya, dan kesehatan umum.

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kebanyakan orang tahu bahwa tidur itu baik untuk, tetapi kebanyakan tidak tahu bahwa tidur sebenarnya membantu menjaga dan mengontrol berat badan. Ya, olahraga dan pola makan yang sehat memang penting untuk berat badan, tetapi istirahat malam yang nyenyak sangat penting untuk memenuhi target berat badan dan kebugaran .

Tidur malam yang nyenyak membantu mengatur ulang metabolisme dan mengatur gula darah. Tidur yang tepat tidak hanya membantu melawan obesitas, tetapi bahkan mengurangi risiko terkena diabetes.

Jika kamu susah tidur dan butuh obat, ada baiknya konsultasi dengan dokter kami disini. Cari tahu apakah latihan fisik dan olahraga bisa jadi alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Ingat tidur yang baik artinya tidur yang berkualitas.

sumber: https://yesmd.com/the-benefits-of-going-to-bed-early-and-getting-a-good-nights-sleep/#:~:text=Sleeping%20lowers%20your%20blood%20pressure,healthy%20by%20getting%20more%20rest! https://www.alodokter.com/9-manfaat-istirahat-dan-tidur-yang-cukup

Share :

logo

biocare@biofarma.co.id

1500810

Connect With Us

Download the App

android-downloadios-download

© 2023 Medwell. Powered by Biofarma. All rights reserved.